Jumat, 04 Mei 2012

Tips Hilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi


Saat ini keberadaan sebuah mobil sangat penting dalam menunjang berbagai kegiatan anda yang super sibuk. Dengan keberadaan mobil pribadi, tentu bisa menghemat ongkos serta menghemat waktu jarak tempuh.
Tetapi, kendalanya jika pada waktu menyetir mobil, terutama untuk perjalanan yang jauh, rasa capek kadang muncul disaat – saat yang tak pernah terduga dan harapkan.

Jika Anda ingin merencanakan perjalanan yang jauh menuju beberapa tempat dalam sehari, pastikan anda bisa tidur secara optimal pada malam hari sebelumnya. Dengan tidur yang cukup berkisar 8 jam, tentunya keesokan paginya anda bisa memperoleh kondisi tubuh anda dalam keadaan bugar.
Siapkan juga makanan ringan untuk menjadi camilan maupun potongan buah yang telah disimpan pada dalam wadah kedap udara serta air minuman seperti air putih yang cukup untuk diletakkan di dalam mobil anda.

Ketika anda menyetir, pastikan anda fokus serta jangan lupa untuk beristirahat setelah berkendara selama 2 jam tanpa berhenti atau lebih. Carilah lokasi strategis bagia Anda menepikan mobil sejenak guna beristirahat.

Ketika anda menepikan mobil anda dalam beristirahat, maka gunakanlah waktu yang ada untuk anda mengudap cemilan, meneguk air putih, atau merelaksasikan kaki atau tangan anda pada saat rasa kantuk atau lelah mulai menyerang anda.

Cobalah anda keluar sejenak dari dalam mobil anda lalu menghirup udara di luar sebanyak 10-15 kali. Maksudnya, semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita, sehingga semakin baik dalam mendukung relaksasi otot serta syaraf yang tegang ketika mengemudikan mobil tadi.

Anda pun bisa melakukan joging di lokasi selama 5 menit guna menghilangkan pegal – pegal yang muncul di kaki anda. Silahkan lepasakan alas kaki anda sejenak jika di dekat situ terdapat jalanan aspal yang lumayan bersih. Biarkan telapak kaki anda langsung menyentuh aspal, lantai atau rumput secara langsung. Hal ini bertujuan agar titik-titik syaraf pada kaki menjadi lebih rileks.

Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata ketika mata anda mulai terasa perih dan mulai lelah. Hal ini dimaksudkan agar mata anda menjadi bersih dan dapat terhindar dari iritasi mata akibat debu atau kotoran yang menempel pada mata anda selama menyetir mobil.

Jangan langsung menyalakan AC ( Air Conditioner ) , ketika anda mulai kembali kedalam mobil. Biarkan dulu udara segar menerpa wajah anda selama kurang lebih 10-15 menit pertama. Setelah anda merasa lebih segar, silakan AC mobil dinyalakan.

Jika anda menyetir mobil sendirian, se baiknya menyetel radio atau musik favorit anda supaya tidak merasa sunyi. Tetapi jangan menyetel musik dengan volume suara yang keras sebab anda bisa – bisa tidak bisa mendengar bunyi klakson mobil lain atau bunyi lain disekitar anda yang mungkin membahayakan anda sendiri

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar