Jumat, 04 Mei 2012

Jadikan Mobil Hemat BBM


Anda mungkin sering melihat pengemudi yang sering menggunakan kendaraannya dengan kecepatan tinggi, pastinya dengan alasan biar cepat sampai ke tempat tujuan? Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa kendaraan yang di gunakan dalam kecepatan yang diatas rata-rata bisa menguras bahan bakar mobil sehingga lebih cepat habis dari seharusnya, Di tambah lagi resiko kecelakaan yang terus membayangi dan harus ditanggung?

Guna menghindari resiko boros bensin, Berikut ini dapa anda simak mengenai beberapa tips yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda.

Langkah pertama (ini yang lumayan sulit, khususnya terhadap Anda yang memiliki jiwa pembalap) ialah menjaga supaya laju kendaraan tetap konstan. Apabila anda hendak pindah gigi, Di anjurkan supaya kisaran RPM mobil berada pada angka 3000 hingga 4000 (untuk kendaraan bensin) serta 2500 hingga 3500 (untuk yang berbahan bakar solar). Dengan demikian, bensin/solar yang digunakan sebagai sumber daya tenaga utama dalam menjalankan kendaraan juga ’dibakar’ dengan jumlah konstan. Pada jalanan menanjak, kecepatan serta hal diatas yang terutama harus diperhatikan. Sementara pada jalan menurun, pengereman/penggunaan rem juga harus konstan untuk menjaga laju kendaraan. Rem yang diinjak harus seimbang, serta jaga supaya RPM tidak melebihi batas yang ditentukan (salah satu caranya ialah dengan memindahkan persneling). Di samping itu, mainkan gigi mobil Anda sehingga kecepatan serta laju RPM konstan.

Langkah terakhir ialah ketika membuka kaca mobil. Biasanya sering kali pada perjalanan jauh atau dekat (terutama jika mobil tidak dilengkapi oleh peralatan pendingin), kita membuka jendela mobil Sehingga udara sejuk mengalir masuk. Akan tetapi jangan salah, seandainya harus dibuka, Di anjurkan supaya jangan hanya satu melainkan kedua sisi (kiri maupun kanan) jendela yang dibuka. Karena seandainya Anda hanya membuka satu sisi saja, Menyebabkan sirkulasi udara hanya akan berjalan satu arah (masuk) dan dengan sendirinya dapat menghambat kecepatan laju kendaraan. Otomatis, bahan bakar menjadi lebih banyak dikuras.


Sumber : kiosban.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar