Kamis, 03 Mei 2012

Cara Parkir yang Baik dan Benar


Pertumbuhan angka kepemilikan mobil pribadi terus meningkat, kemacetan lalu-lintas makin merata di jalan-jalan saat jam sibuk.

Begitu juga dengan masalah ruang parkir. Area parkir publik diatur sedemikian rupa dengan marka agar mobil diparkir dengan baik dan tertib. Memarkir mobil ada aturannya, kita harus mematuhi marka yang ada di area parkir.



Berikut cara parkir yang baik beserta macam-macamnya :

1. Cara Parkir Berjajar


 Gunakan lampu sen (sign) saat akan memarkir di tempat yang dituju. Setelah kondisi aman, pastikan tidak ada yang melintas.

2. Cara Parkir Serong / Miring



 Gunakan lampu sen (sign) saat akan memarkir di tempat yang dituju. Setelah kondisi aman, pastikan tidak ada yang melintas.

3. Cara Parkir Paralel

Parkir paralel adalah posisi parkir yang dianggap cukup sulit untuk melakukannya oleh sebagian orang. Perlu trik khusus dan latihan untuk dapat melakukannya dengan lancar dan baik.


Perkirakan bahwa ruang untuk parkir lebih besar dari ukuran panjang mobil kita, majukan mobil hingga sejajar dengan mobil yang parkir tersebut.
Usahakan ada jarak sekitar satu meter dari mobil yang parkir dengan mobil kita.



Masukkan gigi mundur (R), kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir.
Mundurkan perlahan.. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir.



Saat posisi mobil sudah miring/diagonal 45 derajat, luruskan setir sambil mundur perlahan.


  Ketika hampir mendekati trotoar, putar balik setir ke arah luar, sambil mundur perlahan.


Pindahkan ke gigi 1 atau D (untuk transmisi otomatis), belokkan setir ke sisi dalam untuk meluruskan posisi mobil.


 Bila perlu.. mundurkan kembali mobil hingga antara mobil depan dan mobil belakang sama jaraknya.

4. Cara Parkir di Tanjakan

Jangan anggap remeh parkir di tanjakan, kemungkinan rem tangan bermasalah bisa saja terjadi pada mobil kita. Agar mobil tidak meluncur ke tengah jalan, maka ikuti tips ini.

 

Posisi setir yang dibelokkan, tidak perlu hingga mentok, sehingga aman untuk power steering system yang masih menggunakan fluida/hidrolik (oli power steering)

5. Cara Parkir di Turunan

Sama seperti parkir di tanjakan, kemungkinan rem tangan bermasalah bisa saja terjadi pada mobil kita. Agar mobil tidak meluncur ke tengah jalan, maka ikuti tips ini.


  Posisi setir yang dibelokkan, tidak perlu hingga mentok, sehingga aman untuk power steering system yang masih menggunakan fluida/hidrolik (oli power steering).

Sedikit tambahan tips untuk parkir tanjakan atau turunan :
takut mundur : masukin gigi 1
takut maju, masukin gigi mundur (R)

Sumber : soft7.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

Terima kasih...
Tips yang bagus dan sangat bermanfaat...

Poskan Komentar