Jumat, 04 Mei 2012

Cara Berkendara Aman dari Tangan Jahil


Saat ini hampir semua situasi di Kota – kota besar yang semakin tidak aman membuat para pengemudi wajib ekstra hati-hati ketika berkendara. karena, tidak jarang terjadi aksi penodongan atau perampasan yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab pada para pengendara yang lengah, serta hebatnya hal tersebut kerap terjadi dan dilakukan pada tempat-tempat yang ramai. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda yang sering berkendara ketika menuju ke suatu tempat memperhatikan tips-tips berikut, yang sebenarnya sangat simple.

Sebelum meninggalkan mobil di area parkir, pastikan bahwa pintu mobil telah terkunci semua serta jendela rapat. Kesalahan yang satu ini yang sering dilakukan seseorang ketika parkir pada sebuah tempat, akibatnya pada saat kembali mobilnya sudah raib serta ia hanya bisa menyesali nasib. Jangan lupa, walaupun telah dikunci, periksa lagi kendaraan Anda.

Hal kedua ialah jangan pernah membuka kaca mobil kecuali laju kendaraan Anda cukup kencang. Memang, suasana yang panas ditambah AC mobil yang sering mati (atau bahkan tidak dilengkapi oleh perangkat pendingin udara) menjadikan seseorang kerap membuka kaca guna mendapat udara segar. Sebisa mungkin hindari hal ini, karena kaca mobil yang terbuka kerap mendorong orang yang berniat jahat sehingga melakukan penodongan. Seandainya tertutup, belum tentu ia berani melakukannya.

Jangan meninggalkan barang berharga dalam mobil ketika keluar, ataupun menaruh barang tersebut di tempat-tempat yang dapat terlihat dari luar mobil. Hal ini harus diperhatikan terutama bagi kalangan ibu-ibu, yang kerap menaruh HP atau tas berisi uang di atas jok ataupun dashboard. Hal ini termasuk penggunaan HP ketika berkendara, terutama ketika mobil berhenti di lampu merah. Selain bisa membahayakan pengendara lainnya (terutama saat melaju), HP merupakan barang yang paling menarik bagi penodong untuk melancarkan aksinya.

Yang terakhir, jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang dapat digunakan pada keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball dapat berguna dalam membela diri Anda seandainya suatu ketika Anda terpaksa perlu mempertahankan diri dari penodong. Ketika berhenti di perempatan yang sering kali rawan, Sebaiknya anda untuk menjaga jarak dengan kendaraan depan. Dengan demikian, saat dikepung oleh penjahat, Anda tingfal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Dan bila dikuntit orang, jangan pernah berhenti di tempat sepi karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan Anda sendiri.


Sumber : kiosban.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar