Jumat, 04 Mei 2012

Melewati Genangan Air Saat Berkendara


Tingkat curahan hujan belakangan ini semakin tinggi seiring musimnya, mengakibatkan genangan air berada di mana-mana. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian khusus bagi pengendara yang akan menerobos genangan air. Apabila tidak berhati-hati, maka air dapat masuk ke dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan serius pada mesin serta perangkat lain. Nah berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika melewati genangan air sebagai pencegahan air masuk ke dalam mesin.

  

Perkirakan kedalaman genangan air dengan kendaraan Anda. 
Caranya dengan melihat kendaraan yang ada di depan kendaraan Anda. Apabila ketinggian air melebihi setengah ukuran roda kendaraan sejenis, lebih baik cari alternatif jalan lainnya.

Perhatikan ketinggian lubang saringan udara pada mesin. 
Tugas saringan udara adalah mengambil udara dari luar yang masuk ke dalam mesin, dan menghasilkan hisapan yang besar. Jadi saat melewati genangan air pastikan jangan sampai ketinggian air melewati ketinggian saringan udara. Sebab jika air masuk ke dalam mesin maka dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Kemudikan kendaraan secara perlahan. 
Jaga rpm mesin tidak terlalu tinggi (1500 – 2500 RPM). Supaya tidak terjadi hisapan yang terlalu besar pada ujung lubang saringan udara sehingga air tidak ikut terhisap masuk ke dalam mesin. Selama mesin hidup, jangan takut air masuk dari knalpot karena adanya tekanan gas buang kendaraan.

Gelombang air. 
Berhati-hatilah terhadap gelombang air yang diakibatkan kendaraan lain yang melintas terutama kendaraan besar dari arah berlawanan. Gelombang air dari kendaraan lain bisa saja masuk ke mesin dan merusak mobil Anda.

Pengeringan rem dan kopling. 
Setelah Anda melewati genangan air, lakukan pengeringan rem dengan cara menginjak rem dengan kaki kiri secara perlahan dan kaki kanan tetap di posisi pedal gas sehingga kendaraan masih tetap bisa melaju perlahan. Kopling dikeringkan dengan cara menekan pedal gas sehingga rpm menunjukkan angka 3000, lalu injak – lepas pedal kopling berulang-ulang untuk menghindari kejadian kopling lengket dikemudian hari.

Sebagai catatan : Jangan pernah sekali Anda mencoba untuk menstarter kembali kendaraan Anda jika kendaraan tiba-tiba mogok saat melewati genangan air atau banjir. Sebab hal ini akan merusak mesin apabila ada air yang masuk kedalam silinder

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar