Sebelum
anda mulai belajar mengemudi, ada baiknya jika anda menyiapkan beberapa
hal penting berikut ini, yaitu:
Niat yang
kuat
Ingat
segala sesuatu itu tergantung pada niatnya, ada baiknya jika anda meluruskan
niat terlebih dahulu sebelum memulai. Hehe..
Sebuah Mobil
Terserah
bagaimana anda mendapatkannya yang penting memenuhi syarat-syarat seperti
: bukan mobil curian, disarankan menggunakan mobil yang masih menggunakan
fasilitas kopling (manual), disarankan juga memilih mobil yang berukuran besar
seperti kijang, panther, atau sejenisnya.
Seorang
Pengajar
Ingat!!
orang tersebut haruslah orang yang sudah bisa mengemudi, jangan memilih orang
yang sama-sama sedang belajar. Hehehe…
HARI PERTAMA
Awali
hari pertama anda dengan membaca Basmallah.
Di hari pertama ini yang anda lakukan adalah memahami kontrol dasar dari setiap
fitur dashboard mobil yang ada. Memang setiap mobil
berbeda-beda, tapi paling tidak anda mengerti cara menghidupkan dan mematikan
mesin, cara menggunakan lampu sen dan lamu hazard, menggunakan lampu utama dan
lampu jarak jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya.
Jika sudah paham, sekarang saatnya mempelajari aturan dasar tentang mengemudi.
Ada banyak aturan dasar tapi paling tidak anda paham tentang penggunaan
jalur kiri dan kanan, etika dalam mendahului, dan arti rambu-rambu lalu lintas
yang ada. Capaian hari pertama ini adalah anda sudah menguasai semua teori
tentang dua hal diatas.
HARI KEDUA
Saatnya terjun ke
lapangan, yup benar-benar ke lapangan. Carilah sebuah lapangan
disekitar kompleks rumah anda untuk berlatih maju dan mundur. Tujuannya
adalah membiasakan diri anda bermain dengan kopling. Pastikan anda sudah bisa
menjalankan mobil dengan halus tanpa getaran mesin yang terasa (apalagi jika
mesinnya mati-mati terus). Jika sudah, silahkan keluar dari lapangan dan
mulailah menjalankan mobil anda di jalanan kompleks rumah. Biasakan diri anda
dengan melakukan perpindahan tingkat kecepatan berulang-ulang (ganti-ganti gigi
maksudnya). Latih juga mata anda untuk melihat ke belakang dengan menggunakan
kacaspion. Sangat dianjurkan
untuk memilih track yang lurus dan datar di hari kedua ini.
HARI KETIGA
Hari ini menunya masih
sama dengan hari sebelumnya, bedanya hari ini anda berpindah
track (lintasan) dari yang lurus ke yang lebih berbelak-belok. Ok, segera
cari lintasan yang berkelak-kelok di kompleks perumahan anda. Jangan
meremehkan teknik belok, karena walaupun sederhana teknik ini cukup sulit
diimplementasikan dengan sempurna. Yang perlu diperhatikan ketika berbelok
adalah jangan sampai mengambil jalan pengemudi lain. Sekedar informasi,
belok kanan lebih sulit daripada belok kiri karena hampir bisa dipastikan anda akan memotong jalan pengemudi lain.
HARI KEEMPAT
Sekarang saatnya
menanjak, cari tanjakan di sekitar kompleks rumah anda, lalu berlatihlah
disana. Ada dua teknik dalam dunia mengemudi, pertama menggunakan rem tangan, dan yang kedua menggunakan seni permainan kopling.
Hari ini adalah hari dimana anda belajar untuk menguasai kedua teknik tersebut. Lakukan di berbagai macam tingkat kecuraman tanjakan dan lakukan variasi
menanjak secara
maju dan mundur. Ingat!!
perhatikan juga temperatur mesin mobil anda, karena pada dasarnya fungsi
kopling adalah menjaga agar mesin anda tidak mati dan memainkan kopling
sama dengan memainkan mesin mobil anda untuk menaik turunkan kinerjanya. Ciri
mesin mobil sudah panas adalah asap yang muncul dari kap mesin. Hehehe….
HARI KELIMA
Anda sudah menguasai jalan menanjak?? Saatnya
belajar memarkir mobil. Yap, teknik yang cukup sulit, hampir sama tingkat
kesulitannya dengan menanjak atau bahkan bisa menjadi lebih sulit untuk kondisi
tertentu. Pertama pelajari parkir mundur seperti jika memarkirkan mobil di
tempat parkir biasa, lakukan dari arah kiri dan kanan. Selanjutnya pelajari
teknik parkir horizontal. Teknik parkir ini biasa digunakan jika kita
menghadapi tempat parkir yang paralel. Hehe… Jika sudah, lanjutkan dengan
kombinasi memarkir dan menanjak, yaitu dengan mencoba memarkir di tanjakan.
Capaian hari ini adalah anda sudah menguasai berbagai macam teknik
memarkir untuk berbagai macam kasus parkiran yang umum. Hehe…
HARI KEENAM
Saatnya turun ke jalan!!
Yup, coba keluar dari kompleks rumah anda. Kali ini cobalah menjadikan jalan
besar di kota anda sebagai track-nya. Gunakan segenap kemampuan yang telah anda
pelajari di hari sebelumnya untuk menaklukan jalanan kota. Hehe… Oiya, jangan
lupa pelajari juga cara mengisi bensin yang benar. Biasanya pemula tidak tahu
caranya membuka tutup tangki bensin. hehe..
HARI TERAKHIR
Saatnya kebut-kebutan!!
Sejujurnya tidak ada yang harus diajarkan dalam hal mengebut (menjalankan
kendaraan dengan kecepatan diatas 80 Km/jam) karena memang itu adalah kemampuan
natural yang pasti muncul dengan sendirinya di kalangan para
pengemudi profesional. Hehe… Hanya saja perhatikan kondisi kendaraan dan kondisi sekitar kendaraan sebelum
menggeber mobil anda dengan berkecepatan tinggi. Jalan tol adalah tempat yang
tepat untuk mengimplementasikan teknik yang satu ini.
Demikian 7 Hari Mahir Mengendarai Mobil untuk anda, sedangkan Beberapa Petunjuk Tentang Cara Menyetir Mobil bisa anda download disini, karena penjelasannya lumayan banyak saya bingkai dalam format PDF. Bagi yang membutuhkan tips bagaimana Cara Merawat Mobil yang baik bisa klik disini.
Selamat mencoba semoga bermanfaat!!
Demikian 7 Hari Mahir Mengendarai Mobil untuk anda, sedangkan Beberapa Petunjuk Tentang Cara Menyetir Mobil bisa anda download disini, karena penjelasannya lumayan banyak saya bingkai dalam format PDF. Bagi yang membutuhkan tips bagaimana Cara Merawat Mobil yang baik bisa klik disini.
Selamat mencoba semoga bermanfaat!!
0 komentar:
Posting Komentar